Kamis, 22 Januari 2015

Apakah Webkit itu?


Engine Webkit

Hi guys, pada postingan kali ini saya akan menulis tentang apa itu Webkit?. Mungkin sebagian dari teman-teman sudah ada yang tau mengenai Webkit ini, dan saya hanya ingin memberikan penjelasan singkat tentang Webkit berikut ini :


Webkit adalah salah satu mesin rendering web ( Pembaca,Penampil web) yang dipakai oleh browser-browser yang ada didunia saat ini. Dan merupakan salah satu engine yang menguasai pasar engine Web Browser dengan banyaknya web browser yang menggunakannya,
Webkit awalnya dikembangkan oleh perusahaan Apple, KDE, Nokia,Google, RIM, Palm,Samsung, dan perusahaan lainnya.
Kode dari webkit awalnya dimulai pada tahun 1998 sebagai proyek KDE sebagai mesin rendering KHTML dan digabungkan dengan proyek KDE javascript engine ( KJS)
lalu proyek Webkit dimulai oleh Don Melton dari Apple pada tangal 25 juni 2001  sebnagai pengembangan lanjutan atas proyek sebelumnya yaitu KHTML dan KJS.
selanjutnya diawal tahun 2007 mereka mulai mengimplememtasikan CSS pada Webkit untuk memaksimalkan engine tersebut disertai transmisi animasi 2D dan animasi 3D pada webkit.
Ditahun yang sama proyek ini mengumunkan bahwa webkit telah mendukung HTML5 .
lalu pada tahun 2010 mereka mengummkan versi baru dari webkit yaitu Webkit2 yang diumumkan pada 8 April 2010. Webkit 2 dirancang dari bawah untuk mendkung proses SPlit(pemisahan) Dimana konyten web ( JS.HTML) dijalankan melalui proses yang berbeda dari proses induknya.
Webkit digunakan oleh banyak web Browser diantaranya :
Chromium.Google Chrome,Srware, Comodo Dragon, Apple Safari, Shiira, Midori,Uzbl, Maxthon3, xxxtern, juga Omniweb, Icab, Epiphany
Tak Hanya pada browser komputer .Webkit pun merambah bidang PHOne browser dengan dipakai nya webkit pada browser S60 pada ponsel Symbian,Blackberry Browser ver 6.0+ serta Rekong  Android Browser, PS3 browser
Tak lupa pula untuk bekerja maksimal Webkit juga punya komponen-Komponennya yaitu :
Webcore Sebagai rendering DOM dan Svg
Javascript Core rendering Javascript
Drosera sebagai Javascript Debugger
serta Sunspider untuk fungsi yang lebih bagus pada Javascript.
tak lupa bahwa Webkit ditulis dalam bahasa C++
dan memakai lisensi LGPL v2.1 serta lisensi BSD
FOR MORE INFO ABOUT WEBKIT GOTO THEIR WEBSITE AT WEBKIT.ORG

Thanks For reading !!
Semoga postingan artikel saya kali ini bermanfaat bagi kalian semua.

0 komentar:

Posting Komentar